optimalisasiperan farmasi dalam indonesia emas 2045



Optimalisasi peran farmasi dalam menyongsong Indonesia emas 2045
               
 Farmasi merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.
            Mengapa farmasi harus berperan dalam menyongsong masa depan Indonesia? Optimalisasi peran farmasi beragam bentuknya. Industri farmasi berperan dalam pembangunan ekonomi. Perusahaan-perusahaan besar yang berdiri dalam bidang farmasi merekrut golongan-golongan muda kompeten yang akan berperan dalam proses produksi obat-obat berkualitas dalam farmasi. Golongan muda yang mampu mentranformasikan bahan-bahan di alam yang jumlahnya tidak lebih banyak dari kebutuhan menjadi bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dimanfaatkan dalam kehidupan.  Golongan muda farmasis yang mampu menggalakkan lingkungan sehat bebas penyakit, bebas kenakalan remaja, bebas pemikiran terbelakang akan dunia kesehatan.
            Sudut pandang terhadap farmasi terbagi atas banyak hal, mulai dari farmasi perdagangan sampai riset dan pendidikan. Perdagangan adalah perusahaan bisnis komersial yang fokus dalam meneliti, mengembangkan dan mendistribusikan obat, terutama dalam hal kesehatan. Mereka dapat membuat obat generik atau obat bermerek. Dunia kefarmasian dalam bidang ekonomi meliputi kerjasama antar pabrik-pabrik farmasi baik dalam maupun luar negeri. Disanalah ditemukan bahwa farmasi perdagangan salah satu cara meningkatkan taraf hidup masyarakat atas dasar banyaknya permintaan kerjasama antar Negara. Dunia perindustrianpun tak lepas dari farmasi. Farmasi industry adalah badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan pembuatan obat atau bahan obat. Optimalisasi farmasi dalam Indonesia adalah lebih ditekankan pada industry famasi. Mengapa ditekankan pada dunia industry farmasi? Pasar farmasi Indonesia merupakan pasar terbesar di ASEAN. Ke depan farmasi Indonesia diprediksi masih mepunyai pertumbuhan yang cukup tinggi mengingat konsumsi obat per kapita Indonesia paling rendah di rumpun ASEAN. Rendahnya konsumsi obat di Indonesia tidak hanya disebabkan rendahnya daya beli tapi juga pola konsumsi obat di Indonesia berbeda dengan Negara-negara ASEAN lainya. Industry farmasi itulah yang akan menjadi senjata dalam menyongsong Indonesia emas dalam hal peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan Populer